Minggu, 19 Desember 2010

Indonesia Sementara Unggul 1-0 Atas Filipina

Antara
Antara - 1 jam 11 menit lalu

* Kirim
* Kirim via YM
* Cetak

[Indonesia Sementara Unggul 1-0 Atas Filipina] Indonesia Sementara Unggul 1-0 Atas Filipina

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia sementara unggul 1-0 atas Filipina di babak pertama partai semifinal kedua AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Dengan hasil sementara ini, Indonesia sudah mengoleksi agregat dengan dua gol. Pada leg pertama, Indonesia menang 1-0, sehingga memuluskan langkah ke final.

Tim Merah-Putih yang ditangani pelatih Alfred Riedl mengubah sedikit formasi dengan memasukkan striker Yongki Ariwibowo dan mencadangkan Irfan Bachdim sejak awal pertandingan.

Sementara Filipina dengan besutan pelatih Simon Alexander McMenemy tetap pada formasi yang sama seperti di leg pertama partai semifinal ini.

Babak pertama, Indonesia beberapa kali mencoba melalui duet baru antara Yongki dan Gonzales menerobos pertahanan Filipina.

Oada menit ke-10, tercipta peluang lewat kaki Gonzales yang dapat umpan terobosan, namun masih mampu diamankan kiper Filipina Neil.

Selang sepuluh menit kemudian, Gonzales mendapat umpan matang dari tengah, namun tandukannya masih terlalu lemah. Demikian juga terjadinya kemelut di gawang Filipina pada menit ke-21 tetapi belum membuahkan gol untuk Indonesia.

Pada menit ke-33, satu peluang kembali dibangun Indonesia lewat kaki M Nasuha dan dilanjutkan Oktomaniani namun masih melebar ke atas gawang Filipina. Termasuk tendangan M Ridwan yang mendapat umpan dari Firman Utina di menit ke-38.

Pertandingan sedikit ketat menjelang berakhirnya babak pertama ini, dan wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Filipina karena melakukan pelanggaran keras.

Baru di menit ke-43, Gonzales membobol gawang Filipina. Itu merupakan tendangan kedua dari Gonzales dari jarak jauh.

Tendangan pertamanya kembali mengarah kepadanya dan mampu diselesaikan dengan baik yang menggetarkan gawang Neil. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Wasit Ali dari Bahrain memberikan tiga kartu kuning untuk pemain Filipina Ian Bayona, Robert James dan Christopher.

Indonesia tercatat pernah tiga kali menembus final yakni pada tahun 2000, 2002 dan 2004. Sementara Malaysia sudah lebih dulu ke final tahun ini setelah menumbangkan Vietnam.

Malaysia terakhir melangkah ke final pada tahun 1996 dan ketika itu dikalahkan Thailand 0-1.

Susunan pemain:

Indonesia: Markus Harison Ririhina (kiper), Mohamad Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurachman, Christian Gerard Alfaro Gonzalez, Oktavanius Maniani, Firman Utina (kapten), Ahmad Bustomi, Yongki Ariwibowo, Muhammad Ridwan, Hamka Hamzah. Pelatih: Alfred Riedl

Filipina: Neil Leonard Dula (kiper), Robert Gier, Anton Edward, Roel Jimena Gener, James Younghusband, Philip Younghusband, Alexander Charles Luis (kapten), Jason Nicolas Dantes, Christopher Robert, Ian B Araneta, Ray Anthony Pepito.

Pelatih: Simon alexander McMenemy

Wasit: Ali Hasan Ebrahim Abdulnabi (Bahrain)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar